Tips Hadapi Masalah Hidup Menurut Islam

Tidak ada orang di dunia ini yang menjalani kehidupan tanpa kesulitan dan masalah sama sekali. Setiap orang mengalami dan memiliki masalahnya masing-masing, apakah dunia mepedulikannya atau tidak. Fakta yang tak terbantahkan adalah bahwa kita semua akan pernah melalui masa-masa sulit dalam hidup.

Terkadang kesulitan-kesulitan ini menghalangi kita dari jalan yang lurus dan membuat kita menggerutu terhadap takdir. Ujian merupakan bagian dari kehidupan, seperti yang tertuang dalam Surat Al-Mulk ayat ke-2, “Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.”

Tetap teguh dan sabar pada saat-saat sulit seperti ini sangat penting karena mencerminkan konsistensi iman kita kepada Tuhan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat membantu seseorang tetap teguh dalam imannya dan mendorong kesabarannya dalam menghadapi ujian hidup.

Mengingat Bahwa Ujian dari Allah dan Dia tahu yang terbaik

Hidup ini adalah ujian. Hidup kita dihadapkan pada rintangan sehingga Allah dapat melihat kekuatan iman kita. Kita harus selalu berdiri tegak dan bersabar, karena sesungguhnya ujian merupakan bagian dari hidup. Allah Maha Kuasa dan Maha Mengetahui. Jangan pernah mengira bahwa apapun yang menimpa kita tidak berada di bawah kehendak dan kuasa-Nya. Percayalah dengan rencananya karena Dia selalu tahu yang terbaik untuk hambanya.

Selalu Lakukan yang Terbaik

Meskipun kesulitan dan rintangan dalam hidup adalah hal yang sudah pasti dituliskan untuk kita oleh Allah, kita tetap harus berusaha untuk memperbaiki keadaan. Bisa jadi kita ditempatkan dalam keadaan kesulitan dengan maksud untuk meningkatkan kekuatan iman kita. Jangan hanya pasrah namun mainkan peran dan gunakan potensi kita tanpa melupakan Tuhan Pencipta Alam.

Selalu Meminta Pertolongan kepada Allah

Allah adalah satu-satunya yang memiliki kekuatan untuk meringankan kesulitan kita dan memberikan ketenangan dalam hati. Berpalinglah kepada-Nya dan mintalah pertolongan dari-Nya. Dia dapat melakukan keajaiban. Dia dapat memberi kita cara-cara yang tidak pernah terduga.

Baca Juga : Cara mudah melakukan Ta’aruf secara online tapi masih tetap menggunakan syariat Islam.

Kebijaksanaannya lebih dari gabungan semua manusia. Biarkan Dia mengurus urusan kita. Bicaralah dengan-Nya dan percayalah kepada-Nya. Cepat atau lambat, seperti yang Dia kehendaki, segala problematika hidup akan ada jalan keluarnya.

Shalat, Dzikir, Sedekah dan DoaSecara naluri, manusia memiliki kebutuhan spiritual. Hati kita menemukan ketenangan ketika mengingat Sang Pencipta. Lakukan ibadah yang diperintahkan. Lakukan semua sholat wajib dengan lebih baik. Kemudian lakukan juga shalat sunnah, berdzikir,  serta berdoa. Berdoalah dan bersandarlah kepada Allah, karena sesungguhnya Allah suka mengabulkan doa hambanya.

Seperti dalam Surat Al-Baqarah ayat 186, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.”

Jangan Putus Asa dan Tetap Optimis

Percayalah bahwa Tuhan kita akan membantu kita keluar dari kesulitan apa pun, walaupun kesulitan tersebut kelihatan mustahil. Kita harus menerima dan mempercayai takdir-Nya. Dia memberkati setiap orang secara berbeda dan mencoba kita masing-masing sesuai keinginan-Nya. Rasa optimis harus selalu kita tumbuhkan dan pupuk.

Sumber terjemahan Al-Qur’an dikutip dari worldquran.com .